Jumat, 11 Februari 2011

fisiografi regional cekungan tarakan

FISIOGRAFI REGIONAL
Secara fisiografis Cekungan Tarakan dibagian barat dibatasi oleh lapisan sedimen Pra Tersier Tinggian Kuching dan dipisahkan dari Cekungan Kutai oleh kelurusan timur – barat Tinggian Mangkalihat. Cekungan Tarakan berupa depresi berbentuk busur yang terbuka kearah timur ke arah Selat Makassar/Laut Sulawesi yang meluas ke utara Sabah dan berhenti pada zona subduksi di Tinggian Samporna dan merupakan cekungan paling utara di Kalimantan, sedangkan batas selatannya adalah Pegunungan Suikerbrood dan tinggian Mangkalihat.
Lingkungan pengendapan Cekungan Tarakan dimulai dari proses pengangkatan (transgresi) yang diperkirakan terjadi pada kala Eosen sampai dengan Miosen awal bersamaan dengan terjadinya proses pengangkatan gradual pada tinggian Kuching dari barat ke timur. Pada kala Miosen Tengah terjadi penurunan (regresi) pada Cekungan Tarakan, yang dilanjutkan dengan terjadi pengendapan progradasi ke arah timur dan membentuk endapan delta yang menutupi endapan prodelta dan batial. Cekungan Tarakan mengalami proses penurunan secara lebih aktif lagi pada kala Miosen sampai Pliosen. Proses sedimentasi delta yang tebal dengan pusat cekungan (deposentres) dan relatif bergerak ke arah timur terus berlanjut searah selaras dengan waktu (Mobil Oil Exploration, Lati Feasibility Study,1989 ).
Ditinjau dari fasies dan lingkungan pengendapannya, Cekungan Tarakan terbagi menjadi empat Sub Cekungan yaitu :
1. Sub Cekungan Tidung
Sub Cekungan ini terletak paling utara, meluas ke Sabah dan berkembang pada kala Eosen Akhir sampai Miosen Tengah. Dipisahkan dari anak Cekungan Berau disebelah selatannya oleh Punggungan Latong.
2. Sub Cekungan Tarakan
Sub Cekungan ini berkembang terutama pada daerah lepas pantai dan terisi oleh sekuen tebal sedimen darat Akhir Miosen yang tidak selaras dengan lapisan dan struktur sebelumnya.
3. Sub Cekungan Muara
Sub Cekungan ini terletak di lepas pantai Tinggian Mangkalihat. Terutama mengandung terumbu dan sedimen karbonat.
4. Sub Cekungan Berau
Sub Cekungan Berau terletak dibagian paling selatan Cekungan Tarakan yang berkembang dari Eosen sampai Miosen dan mempunyai sejarah pengendapan yang sama dengan Sub Cekungan Tidung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar